Saturday

Tips Menjemput Ampunan di Bulan Ramadhan

Tinggal menunggu hitungan hari saja kita akan tiba di Bulan Ramadhan, silahkan lihat dulu Tips menyambut Bulan Ramadhan. Bulan ramadhan adalah bulah yang penuh berkah dan bersejarah, berkah karena di dalamnya banyak kenikmatan jiwa yang dapat kita raih termasuk ampunan dari Allah ta’ala dan di dalam bulan tersebut ada satu malam yang diberkati, keutamaannya lebih dari 1000 bulan
.
لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ. إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ. وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ
Artinya:
Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (QS. Al-Qadr:1-3)

Bulan Ramadhan juga merupakan bulan yang bersejarah, karena pada tahun 611M yang lalu al Qur'an diturunkan pertamakali yaitu surat al ‘Alaq 1-5. Disamping itu juga perang badar terjadi pada bulan Ramadhan.

Pendek kata, bulan ramadhan menempati urutan bulan termulia dari bulan bulan lainnya, dalam hadits sahih yang diriwayatkan oleh Bukhari-Muslim dikatakan, bahwa Rasulullah bersabda:”barang siapa yang berpuasa bulan ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka akan diampuni seluruh dosa-dosa yang telah lalu”. Yakni dosa dosa kecil, karena dosa besar bisa terhapus dengan cara bertaubat.

Karena itu tidak ada alasan apapun bagi kita untuk memperoleh ampunan dari Allah atas dosa dosa yang pernah kita lakukan. Manusia yang bersimbah dosa maka saat inilah momentum yang paling tepat untuk menghapusnya. Ada beberapa Tips yang mungkin saja berguna bagi anda sang pembaca yang budiman:

1. menata niat untuk memperbanyak ibadah di bulan ramadhan, dengan khusyu’. Untuk belajar khusyu’ silahkan baca tips khusyu’ dalam blog ini. Dengan niat yang teguh maka hati tidak akan goyang, sehingga pada saat memasuki bulan ramadhan langsung running untuk melaksanakan sesuai dengan yang kita niatkan sebelumnya.

2. menyiapkan fisik agar selalu bugar, tips bugar yang dulu kami tulis mungkin berguna juga untuk anda. Jangan sampai pada Ramadhan tiba badan kita tidak fit alias belum siap untuk beribadah. Sebaiknya persiapan ibadah puasa itu di awali sejak puasa di bulan rajab.

3. membiasakan seolah seolah sekarang adalah bulan ramadhan, agar kelak memasuki bulan ramadhan tidak kaget dengan segala macam yang terjadi sesuai dengan prediksi sebelumya

4. menyelesaikan semua pekerjaan yang sifatnya berkala, agar nanti di bulan ramadhan tidak menjadi hambatan kekhusyu’an puasa kita

5. pastikan untuk merenungi segala apa yang kita perbuat. Bahwa yang kita perbuat adalah pasti ada unsur kesalahannya, dan mungkin unsur kesalahan lebih banyak ketimbang unsur benarnya.

6. Siapkan do’a do’a yang hendak kita baca nanti, kalau perlu mungkin sebaiknya dihafalkan terlebih dahulu.

7. membuat target tertentu, dan target yang paling utama adalah mendapat ampunan dari Allah.

Ramadhan bukan bulan penyiksaan, jangan mengesankan bahwa larangn makan dan minum serta berhubungan badan di siang hari adalah salah satu bentuk siksaan. Akan tetapi resapi makna puasa. Puasa adalah bentuk latihan bathin untuk mendapatkan ampunan dari Allah swt.

Bonus teks khutbah Id, silahkan klik download ini