Wednesday

Tips Membaca Buku

Membaca adalah ruang jendela pengetahuan bagi setiap individu, membaca bagi setiap individu mempunyai fungsi untuk membuka kran wacana di alam pikir agar menjadi manusia yang sejalan dengan perkembangan zaman. Hidup ini tidak lain adalah bagaikan aliran air yang terus mengalir menuju muara kesuksesan dunia dan akhirat, meski tidak ada batasan sukses secara jelas, tetapi setiap individu akan mempunyai makna tersendiri dalam kaitannya dengan kesuksesan ini.

Terkadang kita membaca sekian lembar dari bahan bacaan yang berguna akan tetapi informasi yang didapat tidak sebanding dengan tumpukan buku yang sudah pernah kita baca, hal ini ada beberapa kemungkinan salah dalam cara membaca, atau salah dalam menyimpulkan bahan bacaan tersebut, kerena itu TIPS KITA memberikan tips untuk anda yang tekun dalam membaca, dan semoga hal ini bisa ikut serta mewarnai kualitas ketekunan anda. Untuk itulah pembaca harus mengusasai tips yang dibawah ini,

Tips membaca yang dimaksud adalah mengambil sari bacaan yang ada untuk dijadikan sebagai pengetahuan; mungkin ada baiknya anda membaca terlebih dahulu tips membaca cepat. .


1. membaca pengantar, dan membuat gambaran secara umum dalam alam pikiran. Gambaran ini diharapkan menjadi alur dasar dalam memahami sebuah karya tulis yang kita baca.

2. Tidak ada salahnya jika kita membaca karya tulis yang sifatnya membutuhkan pengantar khusus, contoh karya filsafat, hal ini membutuhkan karya pengantar sebagai pedoman untuk memahami karangan tersebut.

3. Kenali pengarangnya, mengenal pengarang dan gaya bahasa yang dituangkan dalam penulisan karyanya sangat membantu pembaca dalam memahami gagasan yang ditulis.

4. Tidak memberikan kesimpulan sebelum ada ketuntatasan dalam pokok pembahasan bahan bacaan.

5. Merangkum sementara untuk disimpulkan, hal ini memudahkan bagi pembaca untuk memahami isi karangan dan kaitannya antara bab dan sub bab yang sedang digagas oleh pengarang

6. Kalau sudah kita baca semua barulah kemudian membuat kesimpulan kesimpulan dan menarik benagn merah dari gagasan yang sedang dituangkan di dalam bab sebuah referensi tersebut.

Malas membaca hanya akan membuat setiap individu menjadi kuper dan tertinggal oleh era perubahan yang demikian cepat.