Tuesday

Tips Bugar Jalnkan Ibadah Puasa

Sebagai orang muslim tentu berpuasa adalah sebuah ibadah istimewa yang wajib dilaksanakan dalam setahunnya, Ibadah puasa ini merupakan ibadah yang bersifat rahasia antara individu hamba dengan tuhannya. Namun demikian ibadah puasa membutuhkan kekuatan fisik yang mapan agar selalu bugar di siang hari dan bisa melakukan aktifitas sebagaimana biasa.

Yang dimaksud bugar di sini, bukan berarti agar puasa itu tidak terasa sengsara atau tidak merasakan lapar dan dahaga, karena lapar dan dahaga adalah kebiasaan yang dirasakan oleh saudara-saudara kita yang sedang tidak mapan dalam hidupnya. Akan tetapi yang dimaksud dengan bugar adalah agar tidak terkurangi gairah kerja sebagai mana hari hari biasa. Tips yang kita punya adalah sebagai berikut:

1. Pada saat berbuka, dahulukanlah memamakan makanan yang manis seperti kurma atau buah-buahan yang manis, terlebih lagi kalau ada madu tentu itu sangat luar biasa manfaatnya. Minum es dengan volume yang cukup banyak pada saat berbuka puasa adalah tidak baik, karena bisa membuat badan kita meriang atau panas pada dalam

2. Jangan memperbanyak minuman dingin di malam hari, karena minuman yang dingin yang dikonsumsi di malam hari menjadikan badan akan lemah dan kurang bersemangat di siang harinya. Hal ini dibuktikan berdasarkan beberapa pengalaman orang-orang yang berpuasa.

3. Perbanyak minum air, karena dalam kandungan air ada oksigen dan mineral yang bisa memberikan rasa bugar di siang harinya. Pada hari-hari biasa air putih adalah baik untuk kesehatan kita.

4. Jangan banyak tidur, karena terlalu banyak tidur akan menjadikan seluruh anggota badan terhenti secara total, punj juga jangan terlalu banyak bekerja. Semua harus dilakukan dalam batas yang normal-normal saja.

CATATAN:
Subhanallah…puasa adalah menyehatkan, dengan puasa diharapkan kita bisa menjadi orang yang sehat jasmani dan sehat ruhani sebagaimana yang telah kami tulis di dalam konten tips menyambut bulan ramadhan
Mungkin masih ada lagi, silahkan ditambahkan di dalam komentar yang telah kami sediakan di bawah ini, sepenggal kata yang anda tuliskan dalam kotak komentar segunung kebanggaan bagi kami.