Monday

Tips mengajar anak sekolah dasar

Inilah tips kita yang mencoba menghadirkan tips singkat yang mudah dan simpel yang kami rangkum dari beberapa pengalaman yang pernah kami coba. Diantaranya tips yang sudah pernah diujikan kepada anak anak adalah tips pintar menghafal al quran, terbukti bayak respon positif yang dilayangkan kepada admin, baik melalui komentar maupun media lainnya. yang kami urai sekarang adalah tips mengajar anak sekolah dasar

Tips pendidikan ini tidak diperuntukkan kepada guru saja, tetapi diperuntukkan bagi orang tua terutama ibu-ibu yang anaknya sedang menghadapi ujian semester ganjil tahun 2013-2014, yang insyaallah jatuh pada hari Senin, 9 Desember 2013. Ikuti langkah sukses tips mengajar anak sekolah dasar di bawah ini:

  1. Biasakan terlebih dahulu anak-anak untuk selalu membaca secara istiqomah, bisa dengan cara kita membaca buku sehingga anak-anak akan mengikutinya. Sesuatu yang sedikit lebih baik asalkan istiqomah, daripada bisa berbuat banyak tetapi tidak istiqomah. bukankah kita tahu ada yang mengatakan, al istiqomatu khoirun min alfi karomah (melakukan sesuatu secara istiqomah itu lebih baik daripada, melakukan banyak hal tetapi tidak istiqomah) 
  2. Anak anak jangan digiring secara langsung untuk belajar pada topik tertentu, akan tetapi jadikan topik yang akan diajarkan menjadi sebuah materi pelajaran yang menyenangkan, bisa dengan media mainan, cerita atau penokohan seperti drama dll
  3. Jangan pernah memaksakan anak-anak untuk bisa sesuatu, karena apabila merasa dipaksakan maka pada suatu saat akan menemui titik jenuh yang sangat dahsyat danbisa membahayakan masa depan anak tersebut.
  4. Jangan memberikan materi di saat anak tidak fix dalam menerima pelajaran, hasilnya akan sia-sia, rugi buang tenanga dan membuat si anak akan semakin takut terhadap materi pelajaran yang kita ajarkan. Biasakan anak anak untuk teliti dalam membaca danjeli dalam menjawab soal latihan yang sudah tersedia di buku paket mereka.
  5. Dalam memberikan contoh kita harus tahu persis kemampuan anak-anak. Dengan contoh soal maltih dia semakinn percaya diri dalam menjawab soal.
  6. Lakukan berulang ulang seperti hal di atas, khusus untuk pelajaran menghafal bisa dibaca tips menjaga hafalan

Semoga tips ini meredam emosi ibu-ibu yang biasanya mampunyai semangat yang meledak-ledak untuk mengajari anak-anaknya.