Tuesday

Tips menjaga hafalan

Saya sering menyarankan kepada anak-anak untuk menghafal surat-surat dalam al quran sekiranya punya waktu luang silahkan kunjungi postingan sebelumnya tips pintar menghafal al quran, sebagai lanjutannya kini tips kita akan memposting tips menjaga hafalan al quran, inilah yang sering saya lakukan dalam menjaga dan melestarikan hafalan yang saya punya.

1. jangan lupa menghafal setiap harinya meskipun beberapa ayat/surat yang telah kita hafal, di manapun berada, misalnya, sambil berkendara, santai atau sebelum tidur. Waktu setelah sholat adalah paling enak dipakai untuk menghafalkan surat yang sudah dihafal. Hafalan menjadi pelajaran yang sangat ringan karena bisa dilakukan dimana saja tidak memerlukan waktu atau tempat khusus. Yang sulit adalah untuk hafal pertama kalinya.

2. buatlah shedule time sedemikian rupa dan patuhi serta jalankan dengan tertib sesuai dengan jadwal, hal itu akan memudahkan bagi kita untuk membagi surat yang telah dihafal.

3. Pada ayat ayat yang dianggap sulit ulangi secara terus menerus sampai lisan benar benar akrab dengan lantunan ayat tersebut. Dalam keadaan kelelahan tak ada salahnya jika kita memutar kaset atau radio sambil kita mendengarkannya. Secara tidak langsung mendengarkan ayat yang dibaca orang lain dalam pikiran kita akan mengikutinya, meskipun tidak diikuti dengan suara lisan, dengan suara hati saya pikir sudah mewakili. Sekali lagi hal ini dilakukan jika dalam keadaan lelah.

4. dalam langkah lanjutan, pelajari secara seksama alur kisah atau isi dan tafsiran ayat/surat yang kita hafal, supaya tidak bingung apabila ada permulaan kalimat yang sama dengan beberapa ayat yang lain. Disamping untuk sekedar melekatkan hafala dalam pikiran kita, hal ini sangat bermanfaat dan menambah kekhusyu’an saat menghafal & menjaga hafalan.

Mungkin ada hal lain yang ingin ditambahkan untuk tips kita silahkan dan akan kami pposting tambahan tersebut dengan ikhlas dan senang hati, semoga sumbangsih anda menambah bermanfaat bagi pembaca lainnya.