Sunday

Tips menjadi orang rendah hati

Jika anda seorang profesor, doktor, jenderal, atau bahkan mungkin blogger ulung yang ketinggian ilmunya di rasa sudah mendekati langit maka tetap harus diingatkan jangan berbuat sombong. Dan berbuatlah sebaliknya yaitu rendah hati, rendah hati adalah sifat mulia. Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra, “bahwa akhlak para sahabat nabi adalah tawadhu’” kemudian diperkuat lagi dengan hadits-hadits lain seperti “Allah akan mengangkat derajat orang yang rendah hati dan akan menjatuhkan martabat orang-orang sombong”, di dalam blog sahabat kita afatih.wordpress.com juga dijelaskan bahwa, rendah hati itu sehat dan bermartabat maka telah detail memberikan inspirasi kepada kita bahwa rendah hati adalah sifat mulia yang harus dicari..

Sifat rendah hati bukan watak yang given (terberikan) dari Yang Maha Atas tetapi itu merupakan watak hasil daya dan upaya kita di dalam memenej hati kita. Untuk menjadi orang yang rendah hati maka perlu ada beberapa hal yang harus di lakukan.

Kali ini tips kita sengaja memberikan tips ini, agar kita tidak terjebak di dalam sifat buruk lainnya. Langsung saja biar para blogger semua cepat menjadi orang yang rendah hati …

1. sadarilah bahwa asal usul manusia adalah barang yang hina (sperma). Jika kita mau membandingkan ternyata bakal kejadian ayam lebih berharga ketimbang bakal kejadian manusia. Kalau kita ke supermarket telur 1 kg ada harganya, tetapi andaikan ada sperma yang dijual..mungkin saja sebelum kita membeli sudah muntah terleibh dahulu.

2. supaya menjadi orang yang rendah hati maka, berfikirlah…! Bahwa manusia dari asal kejadiannya sudah tidak berharga, pada masa hidupnya, berjalan kesana kemari sambil membawa kotoran di dalam perutnya, kemudian di penghujung hidupnya ia akan menjadi bangkai.. kalau bangkai harimau masih bisa di ambil kulitnya tetapi bangkai manusia apakah ada orang hal yang bisa di manfaatkan???

3. kalau anda adalah orang yang pandai, mungkinkan anda mampu kembali lagi ke dalam rahim seorang ibu, atau memasukkan lagi kotoran yang telah dikeluarkan?

4. kalau kebetulan kita seorang yang kuat, mampukah kekuatan kita untuk menggenggam kekuatan gunung atau muntahan sunami.. wow.. wow.. sungguh kita semua adalah lemah. Jika kamu adalah orang hebat, apakah anda mampu merebut lalat yang telah mencuri makanan di majamu, lihat QS. al hajj:73, lihat juga QS. al-Imran:123

Catatan:
Sungguh manusia adalah orang yang lemah, karena tertutup hatinya sehingga merasa bisa dan mampu segala-galanya untuk memecahkan teka-teki hidup. Tetapi realitas membuktikan bahwa banyak sekali teka-teki hidup yang sempat tak terpecahkan oleh kehebatan manusia itu sendiri. Akhirnya mari kita camkan dalam dalam firman Allah yang berbunyi


يُرِيدُ اللَّهُ أَنْ يُخَفِّفَ عَنْكُمْ وَخُلِقَ الْإِنْسَانُ ضَعِيفًا
Artinya:

Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, dan manusia dijadikan bersifat lemah. (QS. an-Nisa’:28)