Friday

Tips berbuat ikhlas


Dalam surat al bayyinah dijelaskan bahwa allah menciptakan manusia diperintah untuk beribadah secara ikhlas tanpa ada unsur tujuan lain kecuali hanya semata-mata menghamba. Hamba atau lebih lengkapnya hamba sahaya adalah memberikan seluruh aktifitas kepada sang majikan. Tanpa perbuatan mustahil allah menilai kita sebagai seorang hamba yanga baik. 
Dalam hal ini tips kita akan memberikan pengalamannya untuk agar berbuat sesuatu dilaksanakan dengan ikhlas tanpa ada tendensi apapun kecuali hanya semata-mata menghamba kepada allah swt. Diantaranya adalah; 
1. berbuatlah sesuatu diawalai dengan niat yang benar hanya semata-mata karena allah. 
2. mebiasakan diri untuk tidak terlena dalam pujian orang dan tidak kecil hati dengan caci maki orang lain, karena penilaian orang lain bersifat subyektif. 
3. lakukan semua perbutan terencana dan tertata sesuai dengan aturan agama. Dan jangan sekali-kali menginginkan pujian dari aorang lain 
4. tanamkan secara dalam di lubuk hati kita bahwa allah akanmelihat segala perbutan yang kita lakukan bukan hanya melihat lhiriyahnya tetapi allah melihat dari sisi lahir dan bathin. 
5. Allah adalah maha kuasa, kekuasannya tidak terbatas. Jikalau suatu ketika banyak orang yang mempersoalakan dengan apa yang kita lakukan padahal selama ini kita bernuat sesuatu yang benar maka jangan ada takut sedikitpun, karena berdasarkan pengalaman kelak Allah akan memperlihatkan segala-galanya sesuai dengan aslinya (yang kita niatkan) 
6. agar kita bisa melakukan perbuatan ikhlas jadikanlah sebuah perbuatan itu sebagai bentuk rasa syukur kita kepada allah, tenaga dan kesehatan adalah pemberian allah dan sudah semestinyalah kita mengembalikannikmat-nikmat ini kepada Allah ta’ala. 
PERHATIAN: 
Gambaran perbuatan ikhlas itu bagaikan orang buang hajat, semakin banyak yang kita keluarkan maka semakin puas dan tidak pernah ada rasa menyesal karena telah membuangnya. Semakiin banyak perbuatan yang kita lakukan maka semakin puas pula dengan hasil kerja kita. Selamat mengerjakan sesuatu dengan ikhlas.. he he he he