Saturday

Tips Puasa Syawal

Setelah melaksanakan Puasa Bulan Ramadhan selama sebulan penuh, dan didahului dengan puasa bulan sya’ban maka saat ini kita berada di dalam bulan syawal di sunnatkan untuk melaksanakan puasa 6 hari di bulan syawal atau yang biasa kita sebut dengan syawalan. maka tips kita memberikan tips untuk merangsang kita semua melaksanakannya. Namun sebelumnya perlu tips kita sampaikan, bahwa sya’ban dan puasa syawal ini mirip mirip dengan sholat sunnat rawatib, yaitu shalat sunnat yang mengiringi shalat wajib. Begitu juga dengan puasa sya’ban dan syawal yang mengiringi puasa wajib di Bulan Ramadhan.

Di antara yang terpenting sebagai pemicu semangat kita untuk melaksanakan puasa syawal ini adalah dari segi keutamaannya. Orang yag berpuasa Bulan Ramadhan dan diikuti dengan puasa 6 hari di bulan Syawal maka sama halnya dengan berpuasa selama satu bulan penuh.

من صام رمضان ثم أتبع ستة سوال فذالك كصيام الدهر
“Barang siapa yang berpuasa Bulan Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa 6 hari di bulan syawal maka seolah olah berpuasa selama satu tahun penuh”

Di dalam Qur’an di sebutkan bahwa beramal 1 kebajikan maka akan di balas dengan 10 kebajikan, sehingga logikan matematika kita akan menemukan bilangan puasa satu bulan akan dibalas dengan pahala 10 bulan, sedangkan puasa 6 akan di balas dengan kebajikan puasa selama 60 hari atau 2 bulan. 10 bulan dan 2 bulan itulah yang disebut dengan satu tahun (dahr). Sekali lagi itu adalah logikan matematika, tentunya kita semua tidak ingin terjebak dalam kalkulasi perhitungan amal seperti ini .

Tidak gampang untuk melaksanakan puasa ini, dalam rangka tips meningkatkan ibadah maka dibawah ini adalah tips untuk melaksanakannya:

1. bersegeralah untuk melaksanakan puasa, karena makin lama dan hari terus berjalan khawatir kita akan kehabisan waktu bulan syawal. Puasa sunnat ini tidak boleh di qadha di luar bulan syawal.

2. Jangan menundanya. Kalau ditunda tentu akan terbiasa tidak berpuasa dan untuk memulainya berpuasa akan semakin sulit. Jajdikan puasa Ramadhan itu sebagai kebiasaan yang berlanjut di 6 hari bulan syawal.

3. Bayarlah puasa ramadhan terlebih dahulu bagi orang-orang yang pulang kampung alias mudik silahkan baca tips pulang kampung atau barangkali bagi ibu-ibu usia subur yang berhutang karena datang bulan dan lain sebagainya. Karena berdasarkanbeebrapa keterangan orang yang masih berhutang puasa wajib di bulan ramadhan kemudian melaksanakan puasa sunnat di bulan syawal, maka puasanya tidak berpahala

4. Kalau kita mengalami beban berat untuk melaksanakannya maka ingatlah selalu akan kesuksesan puasa di bulan Ramadhan, jika kita berpuasa selama satu bulan penuh bisa mengapa untuk 6 hari tidak??

5. ingatlah bahwa belum tentu di tahun tahun yang akan datang kita bisa bertemu kembali dengan bulan syawal

Catatan :
To be quick for the good activity on this day. because we are not necessarily still alive in the days to come. Therefore, take advantage of this day. so do not regret forever.