Thursday

Tips mengambil hikmah dari sakit

Selama berfikiran waras maka sudah barang tentu kesehatan adalah dambaan utama dalam karir hidupnya. Kita hanya berusaha dan Allah-lah yang menentukan, namun terkadang penyakit juga datang tanpa di undang dan mengacaukan semua agenda harian orang-orang yang diserang oleh penyakit tersebut. Terlepas dari apa yang pemicu sakit tersebut menurut dokter.
beberapa hari yang lalu kami tidak bisa on line sebagaimana biasa karena sakit. Namanya juga blogger, dengan sakit akhirnya dapet juga satu judul untuk posting deh.
Tips Kita kali ini memberikan cara yang harus dilakukan untuk mengambil hikmah dari sakit, supaya menjadi orang yang sabar dan setiap jengkal kehidupan kita selalu mendapat nilai pahala dari Allah swt. Diantara yang harus dilakukan adalah sebagai berikut ;

1. Disamping berobat ke dokter ahlinya, lakukan juga berdo’a. Berdo’a diakui oleh semua agama mempunyai kekuatan supranatural yang memberikan dorongan optimis yang luar biasa terhadap hal-hal yang kita usahakan. Nah dengan rasa optimis tersebut sebagai bekal utama untuk melawan penyakit dari dalam tubuh. Karena ada yang mengatakan bahwa 75% obat itu berasal dari dalam diri sendiri termasuk kemauan dan usaha untuk sembuh, sedangkan 25%-nya berasal dari luar diri manusia.


2. jangan terlalu fokus kepada organ tubuh yang sakit, karena masih banyak organ tubuh kita yang berfungsi dengan baik alias sehat. Hal ini dimaksudkan agar kita tetap menjadi hamba yang selalu bersyukur kepada Allah swt.

3. dalam keadaann sakit lakukanlah perenungan, agar senantiasa kita selalu bisa memanfaatkan waktu sehat dalam keadaan yang sempurna, sebagaimana hadits nabi yang kurang lebih artinya sebagai berikut:

Ambil lima hal sebelum datangnya lima hal yang lain, masa hidupmu sebelum datang matimu, sehatmu sebelum datang sakitmu, senggangmu sebelum sibukmu, masa mudamu sebelum datang masa tua-mu, waktu kayamu sebelum fakir-mu

4. bersabarlah dalam setiap denyut rasa sakit, karena setiap rasa sakit akan mengurangi dosa-dosa kecil kita.

5. he he eh .. mungkin sakit itu juga daang karena kelalaian kita sendiri dalam hal menjaga kesehatan. So kurangi ngeblog di malam hari dalam keadaan perut kosong atau terlalu dalam memaksakan diri untuk bekerja..

CATATAN:
Jadikan setiap hal-hal yang terjadi sebagai modal untuk ibadah kepada Allah termasuk sakit yang mendera. Ditangan orang mukmin apapun bisa bernilai ibadah, asalkan kita semua dapat memetik hikmahnya