Thursday

Tips Membuat Proposal

Siang ini aku, ada kerjaan sedikit yang sangat mengganggu pikiranku, yaitu membuat proposal, untuk melegakannya saya tuangkan dalam blog TIPS KITA tentang bagaimana tips untuk mempermudah membuat proposal. Tipas ini tidak berbiat untuk mengajari tetapi dari kegelisahan yang mengganggu pikiran saya membaca tips sabar untuk merencanakan apa saja yang harus dipersiapkan agar mencapai hasil yang maksimal, dan hasil wah wah wah memang mantab benar.

Kini gangguan di dalam pikiran mulai sedikit hilang, memang benar apa yang dikatakan oleh orang orang bijak, bahwa
التدبير نصف المعيشة
Perencanaan dalah separuh dari kehidupan

Diantara yang harus dipersiapkan adalah
1. Tema yang akan ditulis sebagai kata pengantar atau dasar pemikiran, dasar pemikiran harus menggambarkan isi dari keseluruhan project yang akan dikerjakan terkait dengan pengajuan proposal tersebut, kerangka tema dibuat sedemikian rupa sehingga berbobot, padat, serta menggunakan bahasa yang efektif, agar tidak melebar ke mana mana. Atau mungkin kalau di dalam pembicaraan mungkin jangan berlebihan, oiya baca dulu tips meminimalisir bicara.

2. Waktu dan tempat, setting tempat dan setting waktu disesuaikan dengan keadaan dan kondisi project tersebut dilakukan, pada donatur akan selalu melihat pe-waktuan (timing) bagi penyelenggara.

3. Skenario pelaksanaan, di dalam proposal juga harus ada alur pelaksanaan project agar sang pembaca bisa membuat gambaran singkat kegiatan tersebut.

4. Anggaran dana, nah, yang satu ini sangat penting karena salah satu ruh kegiatan ada di dana. Sebagus apapun kalau tidak ditunjang dana yang kuat akan menjadi turun grade-nya event tersebut.

5. Dalam anggaran dana, seorang yang mengajukan proposal harus se-tranparan mungkin untuk menjabarkan kegunaan dana yang akan diberi oleh donatur. Jangan ada manipulasi di dalam proposal, karena proposal akan menjadi laporan juga di instansi. Lakukan perhitungan dengan cermat dengan membuat ilustrasi ilustrasi penggunaan dana yang telah disesuaikan dengan program yang telah ada.

6. Penutup, untuk membuat penutup tentu harus dengan bahasa yang memukau pembaca, yang pasti, isinya adalah mengucapkan terimakasih bagi para donatur yang sanggup