Monday

Tips mencuri simpatik dalam berbicara

Untuk bersosialisasi dengan siapapun, baik rekan kerja, keluarga atau orang yang baru kita kenal sekalipun membutuhkan komunikasi. Alat komunikasi dalam hal ini banyak sekali macamnya, dengan isyarat, dengan senyum, dengan tulisan dan yang paling banyak di gunakan adalah dengan perkataan.

Merujuk pada judul di atas, TIPS KITA akan membatasi tips nya berkaitan dengan tata cara memikat orang lain dengan perkataan, mulai dari nada, intonasi, sususnan bahasa serta pilihan kata yang di gunakan. Perkataan adalah menjadi modal utama dalam berinteraksi dengan masyarakat lain, jika komunikasi kita berjalan degnan baik maka kita akan menjadi kepribadian yang bisa diterima oleh semua masyarakat dengan baik pula, begitu juga sebaliknya jika kita bahasa yang kita gunakan sering menyinggung orang lain maka kehidpan di tengah masyarakat pun tidak komunikatif ho ho ho sangat ngeri sekali, terlebih kalau gara-gara perkataan kita mendapat sanksi sosial dari anggota masyarakat.

Seseorang dianggap wibawa jika komunikasi yang dibangunnya berjalan dengan baik, begitu juga sebaliknya. Di antara TIPS untuk berbicara kepada orang lain adalah:

1.Berbicaralah dengan santun dan tidak keras, berbicara keras bisa mengganggu orang lain, karena nada berpengaruh pada psikis, dengan berkata lemah lembut akan menampilkan aura simpatik kepribadian si pembicara itu sendiri. Ingat perintah Allah yang diberikan kepada Nabi Musa as agar berbicara lemah lembut dengan Fir’un penggalan ayatnya adalah
وَلْيَقُولُوا قَوْلًا لَيِّناً
“dan berkatalah dengan perkataan yang lemah lembut”

2.Berkatalah kepada orang lain dengan perkataan yang baik, tidak dengan bahasa yang dapat menyakitkan orang lain.. setiap perkataan akan dikonsumsi oleh hati, jika telah tertusuk oleh perkataan maka selamanya akan selalu di ingat.
Dalam penggalan firman Allah QS. An-nisa’:5
وَقُولُوا لَهُمْ قَوْلًا مَعْرُوفًا“ucapkanlah kepada mereka kata-kata yang baik”

3. Berkata dengan konsisten, berkatalah sesuai dengan apa adanya, jangan berbohong.. karena perkataan bohong akan menyakiti orang yang dibohongi, tetapi katakanlah semuanya dengan jujur sesuai degnan penggalan QS. an-nisa’:9
فَلْيَتَّقُوا اللَّهَ وَلْيَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا
“Dan bertaqwalah kepada Allah, hendaknya engkau mengatakan dengan perkataan yang benar”
4. berkatalah dengan orang lain dengan niat untuk menyampaikan sesuatu. Jangan memancing reaksi orang lain. Mengatakan sesuatu dengan bahasa yang bersayap alan mengakibatkan orang lain itu salah tagkap dan tidak berbekas kepada lawan bicara, hal ini berdasarkan penggalan firman Allah, (QS. an-Nisa’:63)
وَقُلْ لَهُمْ فِي أَنْفُسِهِمْ قَوْلًا بَلِيغًا
“dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka”

5.Berkatalah dengan memilih bahasa yang mudah diterima, jangan berkata dengan bahasa yang sulit, jika ada pilihan bahasa lain yang lebih lugas maka akatakan saja degnan bahasa yang lugas dan tegas. (QS. al-Isra’:28)
فَقُلْ لَهُمْ قَوْلًا مَيْسُورًا
“maka katakanlah kepada mereka ucapan yang pantas (mudah diterima)”

6.berkatalah dengan baik dan sesuaikan dengan bobot isi perkataan, orang akan menilai isi yang dikatakan bukan pada keras dan tidaknya intonasi pembicaraan. (QS. al Muzammil:5)
إِنَّا سَنُلْقِي عَلَيْكَ قَوْلًا ثَقِيلًا
"Sesungguhnya Kami akan menurunkan kepadamu perkataan yang berat"


CATATAN
Gunakan waktu yang telah diberikan kepadamu untuk berbicara yang baik dan singkat padat, pilihlah bahasa yang lugas dan tegas, kerana orang lain akan membuktikan kepribadianmu di dalam perkataanmu

Mulutmu adalah singamu, jika engkau salah berkata maka perkataanmu akan menerkam kamu sendiri