Monday

4. Tips membuat laporan

Sore-sore setelah saya memeriksa laporan dan sekedar memberikan keterangan serta wawasan tentang sistem pelaporan sebuah proyek pembangunan jembatan di pinggiran jakarta, langsung saya nulis untuk say abadikan… dalam pertemuan saya kali ini dengan pihak pemegang policy yang mengurusi jembatan ini maka saya simpulkan ada beberapa yang harus ada di dalam laporan sebagai tips dan trik nya maka berikut kami beri cara melaporkan sesuatu;

siapkan logika pelaporan; apakah laporan itu berbentuk teks atau angka, jika tek maka pergunakan dengan bahasa yang tegas, lugas dan femiliar di dengar oleh telinga, dan jika berupa catatan angka maka pergunakan lajur atau kolom yang benar
Beri penjelasan kepada atasan kita tentang apa saja yang perlu dilaporkan
Buat alur laporan dari harian, bulanan dan rencanakan untuk laporan tahunan
Sertakan semua data yang berkaitan dengan laporan, jangan ada mark-up sedikitpun.
Beri kewenangan penuh terhadap atasan kita untuk mempertanyakan hal-hal yang dirasa janggal dalam laporan itu.
dan yang terpenting adalah jangan sekali-kali membuat laporan yang bersifat fiktif, karena akan meruntuhkan martabat sekaligus akan membuat gerak dan langkah kita menjadi terbatasi.
selamat mencoba… dan semoga sukses jika ada masalah selesaikan dengan cara mengevaluasi diri.

Perhatian:
Jika anda mempunyai tips baru yang berkaitan dengan dunia bisnis atau yang lain silahkan kirim ke alamat klik di sini selanjutnya akan kami muat dan biar bisa diamnfaatkan oleh orang-orang yang membutuhkan..