Saturday

1. Mengatasi masalah dengan review

Hari ini adalah hari yang melelahkan kepada bagiku.
Ada tiga masalah yang harus aku selesaikan yaitu hal-hal yang berhubungan dengan adanya komplain dengan perusaahaan yang saya pimpin, ada penandatangan MoU dan masalah penanganan karyawana yang ada di dalam perusahaannku.. sebenarnya sambil kutulis ini semua dalam keadaan sangat lelah.. sengaja ku tulis biar aku gak lupa dan bisa mengingatnya sepanjang masa;

Perusahaan yang saya pimpin sudah maju dan bergerak di bidang perniagaan, tiba tiba ada kepala bagian yang dirasakan oleh sebagian bawahannya yang tidak becus mengurusi masalah kinerja bawahan. Setelah saya panggil beberapa orang konsumen yang komplain ternyata semua itu hanyalah sebatas kekeliruan kepala bagian yang kurang professional dalam menjalankan tugas untuk menjelaskan dengan apa yang telah diputuskan di rapat rapat tingkat pemegang saham.

Cara yang saya pilih adalah:
1. me-review seluruh keputusan yang pernah saya ambil, dan menjelaskannya secara detail satu
persatu disertai dengan beberapa alasan rasionalisasinya, serta mengemukakan secara gamblang
apa manfaat yang di dapat dari segala pertimbangan untuk menghasilkan keputusan itu; entah
berkaitan dengan produk, kemasan atau bahkan cara pemasarannya.


2. Saya tunjukkan kelemahan-kelemahan apa yang dikeluhkan oleh konsumen dan beberap keberatan
yang dibebankan kepada perusahaan dalam hal ini adalah kepada bagian, tentunya dengan nada
santun dan bijak serta tidak menggurui, karena di dalam dunia kerja tidak ada guru, yang ada
adalah tukar fikiran dan tukar pengalaman. Apalah artinya direktur jika kepala bagian tidak
mendukungnya, apalah artinya perusahaan yang saya oimpin jika produksi pabrik saya tidak
dikonsumsi oleh pasar. So saya harus berhati-hati banget dan sebijaksana mungkin dalam dalam
menuturkannya.


3. saya mengajak kepada seluruh pelanggan untuk mengadukan keluhan, saran, penilaian serta kritik membangun yang dapat memudahkan terkaan saya untuk membuat produk yang lebih bagus lagi. Saya berharap agar semua konsumen membangun image bagus atas produk yang saya keluarkan:

Sobat blogger pasti punya pandangan lain untuk sekedar menambahi biar bisa dimanfaatkan oleh kepentingan bersama silahkan…kalo' pengin tahu pemilik blog ini klik di sini

Perhatian: “semua masalah dapat terselesaikan dengan dialog yang penuh kedewasaan “ yakni dialog yang didorong oleh rasa tanggung jawab dan keinginan untuk mencapi cita-cita luhur yang dapat manfaatkan untuk kepentingan bersama.